Sabtu, 21 Mei 2011

REVIEW Motor Rasa Sepeda MTB Yamaha AIRTRICKER [www.info-automotive.com]


Pada awal kemunculannya motor ini adalah sebuah konsep motor, hadir pada sekitar tahun 2001 pada ajang Tokyo Motor Show,  sang pendesign motor ini adalah Takeshi Higuchi, seorang penggila sepeda MTB sejak kecil. Dengan bakat design serta hobinya bersepedakan MTB akhirnya muncul motor ini.


Pada awal konsep motor ini adalah Higuchi menginginkan sepeda motor dengan penggunaan untuk ditanah  tapi masih dapat dipakai di perkotaan , dengan memiliki berat  yang ringan bahkan siapa saja dapat memakainya serta melakukan trick seperti standing, jumping atau wheelie secara mudah pada kecepatan rendah, aman,  dan mudah digunakan layaknya menaiki sepeda gunung.

Konsep motor ini memang didesain dengan mesin yang kecil dibawah 500 cc, agar ringan serta mudah dikendalikan, bahkan untuk spek yang 250 cc, berat total hanya 88 kg, nah pada 2004 Yamaha mulai menjajaki dengan mulai memasarkan di pasaran  eropa pada ajang INTERMOT 2004 di munich Jerman.

Mesin yang digunakan sebenarnya sama seperti mesin Yamaha Scorpio (pasar Indonesia ) Cuma beda di cc yang lebih besar saja (pada motor konsep airtricker), untuk frame motor ini menggunakan serat karbon yang ringan dan kuat, dengan system monoshock vertical dan suspensi depan teleskopik, dengan memadukan gaya MTB sekelas DH (Down Hill) yang dapat diputar 360 derajat karena memakai headstock rotator ganda, dan motor ini memang hanya memuat satu orang saja.
Dalam perkembangannya motor ini akhirnya dibuat masal dengan nama Yamaha Tricker, bahkan tersedia untuk 125 cc atau lebih kecil, kemudian untuk pasar, Yamaha tampaknya masih memasarkan pada segmen pasar lokal (jepang) dan ranah eropa. Untuk produksi masal spek yang ditawarkan memang berubah, terlihat dengan tidak adanya suspensi depan headstock rotator, karena dapat mengakibatkan harga motor ini melonjak dipasaran.

Bagi anda para modificator lokal kita tampaknya akan mudah untuk merealisasikannya, untuk mengubah gubahan motor anda menjadi motor ini, misalkan Yamaha scorpio anda menjadi tampak seperti ini, karena secara  type mesin motor ini hampir sama, tinggal masalah kreatifitas dalam mengubah bentuk sasis, dan sangat-sangat layak untuk memodif motor bergaya seperti ini, karena motor ini walaupun sudah diproduksi massal tapi jarang ditemui di Negara yang dipasarkan.

Argo Muhardito for www.info-automotive.com
Motor Rasa MTB Down Hill Yamaha Airtricker Tricker review inspirasi modifikasi scorpio z gaya tips tricks mountain bike motorcycle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar