Senin, 30 Mei 2011

Waspada Dengan Bocornya Informasi Anda


Beberapa minggu yang lalu saya mendapatkan, keluhan dari beberapa teman ym (yahoo messangger) chat saya, terutama mengenai adanya chat yahoo id bernamakan argo_muhardito@yahoo.com , sedikit terpukul sih kok tiba-tiba ada orang yang menyapa teman-teman ym saya dengan menggunakan id seolah-olah itu saya.

Entah apa tujuannya yang jelas itu sangat merugikan, adanya user id yahoo yang mencatut nama email dengan nama saya, jujur apa pun tujuannya itu sangat merugikan, yang jelas ini adalah orang iseng atau orang jahat, bukan kesalahan dari system yahoo.

Kemudian saya menanyakan masalah ini keteman-teman yang peduli di bidang it dan jejaring sosial, dia mengatakan sumbernya adalah kebocoran informasi anda di dunia maya (internet), sehingga mengakibatkan ada saja orang yang akan memanfaatkan nama anda, yang ujung-ujung bisa saja tidak hanya iseng tapi bisa berakibat perbuatan kejahatan.

Facebook, blogspot, myspace, twitter, friendster, pokokknya semuanya just name it, dan beberapa jejaring social ternyata jadi biang keladi kebocoran informasi kita, sering kali kita lupa bahwa tidak semua informasi bisa kita share, tapi malah kita share ke luar lewat jejaring socsal tersebut.

Artikel ini sebenarnya saya buat, bukan sebagai larangan atau kritikan, saya hanya share tentang kewaspadaan kita yang harus ditingkatkan, karena saya sendiri mengalami kebocoran mengenai informasi, sehingga dimanfaatkan oleh id yahoo argo_muhardito@yahoo.com .

Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari masalah yang sekarang saya alami,

Kuasai lha  segera email–email  dengan nama anda, baik dari yahoo, hotmail,ymail, gmail, dan lain-lain, ini dimaksudkan agar  anda terhindar dari penguasaan dari user yang bukan sebenarnya nama anda (palsu), teruma provider email yang besar atau popular.

Hati-hati dalam menyebarkan nomor telepon anda, ya apabila memang publisitas adalah bagian dari hidup anda, seperti  misalkan anda merupakan pedagang online sebaiknya pisahkan nomor pribadi dengan nomor untuk kegiatan perdagangan anda, publikasikan hanya nomor telepon untuk kebutuhan publikasi anda, kalau perlu tetapkan jam-jam anda bisa angkat telpon atau sekedar balas sms untuk kegiatan anda (misalnya hanya pas office day dan office hour), kalau nomor pribadi anda sebaiknya jangan dipublikasikan tetapkan nomor itu untuk orang-orang penting secara personal.

Kemudian satu lagi, untuk publisitas sebaiknya gunakan account jejaring sosial memang khusus untuk publisitas, misalkan account nama toko anda, account grup anda, atau mungkin nama anda (misalkan anda artis, seniman, atlit, /khusus publisitas personal) sebaiknya gunakan account memang khusus publisitas, dengan informasi yang dapat disajikan memang khusus untuk konsumsi public saja, account anda pribadi sebaiknya anda khususkan untuk teman-teman pribadi anda, yang memang sudah tahu anda seperti apa. 

Hati-hati memasang foto yang tidak wajar, misalnya mengandung porno aksi, hati-hati karena ketika anda sudah upload gambar tersebut dan orang-orang akan melihatnya, oke mungkin dalam hitungan menit anda sudah menghapusnya, sehingga tidak ada orang yang akan save image gambar tersebut, tapi google dapat merekam jejak anda, walaupun dalam bentuk kecil atau thumbnail saja, dan itu bisa disearch.
 
Waspada dengan statement anda, misalkan status difacebook, twit di twitter, tulisan anda di blog (intinya sih disitus jejaring social yang akun anda miliki) lebih baik jangan membuat kontroversial publik yang bersifat negatif, sehingga akan berdampak negatif dengan akun-akun jejaring sosial anda, dampak yang saya maksud adalah, mudah untuk menjadi incaran orang-orang, kalaupun memang kontroversial sebaiknya anda melengkapinya dengan bukti-bukti yang valid, sehingga tidak terkesan anda asal nyeplos saja.
 

Teliti dalam meng-add
  teman-teman dalam akun jejaring social anda
, saran saya sih hanya add orang-orang yang BENAR-BENAR anda kenal saja, bukan apa-apa terkadang kita terlalu excited atau berlebih, sehingga kita lupa bahwa banyak orang dalam pertemanan dalam dunia maya sebenarnya hanya mempertebal topeng asli mereka, mungkin kalau tidak iseng maybe is ok, but klo mereka memang niat untuk menjatuhkan anda, dengan menyusup difriendlist anda, untuk mengetahui data-data anda.
    Well pada akhirnya, semuanya dikeputusan anda, saya tulis ini karena saya melihat fakta-fakta yang terjadi terutama fakta yang saya alami dan fakta dari kejadian beberapa teman, dari fecebook yang dihack lha, ym dengan nama kita, dan kerugian lain misalkan penipuan dengan atas nama kita, so be smart and secure internet users. Dan jangan lupa id yahoo messangger argo_muhardito@yahoo.com is fake alias adalah palsu.



    1 komentar:

    1. sip...
      amankan segera semuanya..!!! uahahahaha hahahaa hahahaha.............

      BalasHapus