Jumat, 30 Juli 2010

Jadi pengusaha??..Apakah profesi yang tepat???





Seringkali ketika awal berbisnis seseorang akan dipertanyakan pertanyaan itu,.terlalu naïf dan underestimate memang pertanyaan itu apalagi sangat2 tidak mendukung, hehehe..(pengalaman pribadi).
Dan sering yang melontarkan pertanyaan itu adalah orang2 yang harusnya memberikan support kepada kita, lalu apa yang terjadi pada si penjawab??..pasti bingung, ya karena memang kita juga masih merintis, sehingga kalau ditanya hasil ya belum ada lha.
oke saya akan memberikan beberapa persepsi saya apabila anda yang notabene adalah seorang pengusaha yg baru merintis atau baru akan terjun dalam usaha ditanyakan pertanyan seperti ini.

tapi sebelumnya saya juga akan memberikan sedikit masukan hal2 apa yang harus dimiliki seorang calon pengusaha (ya berdasarkan persepsi saya, ya karena saya juga mengalaminya kok)


Kerja keras kawan,.ini penting lho untuk menghadapi saat dimana awal2 merintis kerja keras untuk mendapatkan orderan, ya walaupun nilainya kecil sekalipun

Pantang mundur , sangat penting saat dimana kita akan memulai terutama untuk menghadapi pertanyaan diatas,.:d

Percaya diri, jangan takut walaupun usaha kita belum bentuk badan usaha (PT atau CV) yakin lha dengan bendera kita yang kita pegang jangan kalah sama perusahaan2 besar, pengalaman saya dalam berbisnis saya sering menghadapi competitor dan klien dari perusahaan besar, ya ALHAMDULLILAH beberapa ada yang tembus kok.

Semangat, selalu gelorakan semangat juang 45 hahaha..penting lho saya selalu melakukan perumpamaan bahwa kita sedang berjuang walaupun Cuma bamboo runcing tapi kita harus yakin, lha pejuang kita yang belum mengenal internet dan beberapa ada yang ga perdidikan tinggi malah bisa bikin INDONESIA merdeka.



Jujur, ini penting juga kawan karena dengan kejujuran kita merupakan hal yang baik, karena apa hal yang baik ujung2nya pasti baik, kejujuran bisa diartikan kita berusaha dengan niat tidak menipu, jujur terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan ke klien.

Imajinasi, ini adalah salah satu pembeda nya kawan pengusaha dengan karyawan, selalu berimajinasi karena apa imajinasi itu hubungannya sama kreatifitas, baik produk, jasa, system pemasaran, dan lain2. Dan biasanya imajinasi menyangkut dengan hal yang bersifat cita2 kita, angan2 kita, makanya berimajinasi lha kawan..(asal jangan imajinasi yang kotor yaa :d )

Manage Emosi, sadar ga sadar emosi sangat berpengaruh dalam keputusan kita, jangan sampai keputusan dari awal, proses, dan hasil kita berdasarkan emosi belaka, apalagi keputusan bisnis, ini kaitannya dengan jenis emosi apapun ya kawan contoh apabila kita terlalu senang misalnya karena mendapatkan order dengan nilai yang besar berhati-hati lha karena orang yang senang akan melonggarkan kewaspadaan mereka (bisnis itu kejam men!!..selalu bakalan ada orang yang akan menipui kita dengan dalih order..so be aware oke) , kemudian emosi temperamental (marah2) wah bisa2 klien2 kita pada kabur lagi gara2 lihat muka anda mirip preman, emosi harus dimanage karena keputusan2 bisnis adalah dengan kepala yang dingin, bijaksana, sehingga kita terhindar dari kecerobohan yang sifatnya konyol.

Dan jangan lupa selalu beribadah kawan kepada TUHAN/ALLAH, penting itu setiap agama mengajarkan kebaikan, setiap agama mengajarkan umat2nya agar berusaha untuk mencapai lebih baik, dan semua itu agar berjalan baik harus dengan restu TUHAN/ALLAH ..jadi mulai lah berkawan dengan TUHAN kita ya kawan, maka TUHAN akan jadi kawan kita yang tau kebutuhan, inginkan, dan doa kita.


Oke tadi saya sudah bahas tentang masukan saya apabila anda ingin jadi pengusaha,.. sekarang mengapa menjadi pengusaha adalah profesi yang sangat tepat??

Sadar kan jumlah pengangguran dinegara kita INDONESIA, banyak kawan kita lihat bagaimana persaingan dalam mendapat posisi pekerjaan baik di swasta atau jadi PNS, banyak kawan dan tidak semua orang mendapatkannya, nah Negara kita perlu orang yang kreatif tidak tergantung sama perusahaan atau pun tempat kerja yang dinaungi, INDONESIA butuh mental2 pemimpin yang memimpin sekelompok orang untuk melakukan bisnis, memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sering kali saya melihat orang merasa skeptic..(apalagi klo berhadapan sama calon mertu..kerjaa lu apan tong?? Mw kasi makan apa anak gw??) ya itulah warga INDONESIA selalu memilih zona aman, bahkan sampai memilih orang juga yang aman2 saja,.sadar dunk kawan bahwa untuk memperoleh zona yang aman,.kita akan melalui fase2 perjuangan yang nantinya akan menyeleksi kita,. Itulah pengusaha yang sukses,.bakalan melewati fase perjuangan dengan gigih dan berani (weiiks ud kaya perang..emng rada mirip tapi situasi yg beda )..setelah itu berhasil lewat dari fase perjuang dengan berhasil ya hasilnya,.yup zona aman ditangan (uang, karismatik, kepemimpinan, harta, perusahaan..dll zona aman yg didapat bakalan melebihi PNS yg berada selalu ditempat aman ) percaya deh kawan …

Jumlahnya sedikit,.orang yg berwiraswasta / pengusaha(se –INDONESIA) sama karyawan pabrik (SE-INDONESIA) kalo ditotal paling berapa sih . banyakan karyawan pabrik lha saudara2,.dikit banget ada yang bilang pengusaha dinegara kurang dari 5 % dari jumlah total jumlah penduduk INDONESIA,.berarti saingan dikit banget dunk..coba bayangin kalo kita masuk ngelamar PNS buseet saingannya berapa??? Banyak yang daftar ada 100.000 orang keterima Cuma 100 orang..wah2..kebayangkan bagaimana persaingannya..jadi pengusaha sebenarnya ga ada saingan semua berawal dari kreatifitas kita untuk menghasilkan pundi2 uang..jadi ngomongin kreatifitas..apa aja yg ada di otak kita,.ide kita…pengalaman kita..kalo dipikir2 sapa yg punya??...ya kita sendiri..kita masing2 dibekali otak untuk mengasah ide kreatif yg dapat menghasilkan keuntungan dibisnis kita.

Bayangin aja klo banyak pengusaha di Negara kita,.akan banyak perusahaan,.pekerjaan,.perekonomian bergerak maju,.ya untung ya Negara kita..dan kita sebagai warga negaranya dunk…

Sedikit lha ini adalah unek2 saya..ya mohon maaf klo bahasanya kasar yak..cape formal mulu dari siang (ketemu klien gr2 jualann..cihuyyy)..oke pesan saya buat yg jadi pengusaha yg semangat,.pantang mundur,.ga usah takut..tetep optimis..dan yg bukan pengusaha dukung lha kawan2 kita yg sedang berusaha..ya kale2 aja kawan anda jadi direktur perusahaan suksess suatu saat nanti (termasuk para calon2 mertua dan calon bini / pasangan juga lho..dari calon2 pengusaha sukses juga ikut dukung dunk..hahahaha..karena mereka adalah orang2 yang sebenarnya perlu diberi kesempatan untuk membuktikan tekad mereka )


ARGO MUHARDITO
JAKARTA
31 JULI 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar