Senin, 12 Juli 2010

Tentang Produk Dalam Negri


Sebenarnya tulisan ini, saya ingin tulis sejak lama dan ternyata banyak juga kok penulis-penulis yang sudah memuat tentang hal ini.

oke langsung saja, sejatinya saya adalah pendukung barang berkualitas, nyaman, dan buatan lokal. banyak barang-barang yang saya punyai adalah produk lokal, karena apa mereka punya kualitas baik banget lhoo.,,seperti baju, tas, sepatu, dan lain-lain kebanyakan sih barang-barang lifestyle atau barang fashion ya disitulah keunggulannya produk kita.

Bahkan tidak jarang saya membeli brand luar yang harusnya diekspor cuma saya dapatkan dengan harga miring pastinya.,hehe (nanti saya akan bahas itu oke diartikel lain) . ya disitulah negara kita ini sebenarnya jadi produsen merk ternama lho..bahkan saya pernah dengar info beberapa brand sepatu Itali membuat sepatunya di cibaduyut..wah2 mungkin boleh jadi kenapa cibaduyut punya model keren untuk sepatu kulitnya mungkin karena beberapa pengusaha sepatu disana menjadi sub produksi brand itu.

cuma klo yang benar2 saya alami dan lihat sendiri adalah ketika saya datang ke tempat klien saya di daerah sukabumi,.ternyata mereka adalah produsen underwear wanita..yang pasti brand terkenal dan barang2nya diekspor untuk pasar eropa dan amerika..ckckckck hebatt negara ini.

yang sebenarnya ini dikarenakan karena

1. kita punya tenaga kerja murah

2. sumber daya alam untuk bahan produksi melimpah

3. pekerja kita mempunyai kemampuan yg baik dalam faktor produksi

nah khusus faktor yg ke 3 saja saya akan bahas, karena apa ??saya rasa kalian harusnya sudah mengerti faktor 1 dan 2 .

oke kenapa kemampuan ???

pekerja kita terkenal detail untuk urusan produksi sehingga menghasilkan barang yang berkualitas, ya kita contoh : kaya kita lihat sepatu cibaduyut saya punya analisa bahwa memang sudah lama cibaduyut itu adalah tempat ini memproduksi sepatu, selain karena dekat garut (produsen kulit) ditambah lagi kemampuan mereka menghasilkan produk-produk yg bagus sehingga membuat produsen atau brand sepatu terkenal luar negri tertarik untuk memproduksinya dicibaduyut,.kelihatan nya apa?? ketika brand luar negri itu memindahkan tempat produksinya,.nah para ex-sub produksen brand luar itu mulai membuat sepatu dengan model dengan standar brand luar itu,.ga percaya lihat lha di taman puring sepatu2 pentofel dengan model itali banyak bertebaran dijual disana dan rata2 dibuat dibandung atau sekitaran cibaduyut.

nah berbeda dengan negara RRC misalnya saya ambil contoh untuk produksi textile bahan sama cuma warna gampang luntur. ini terlihat kemampuan mereka hanya untuk mass production / produksi besar sehingga mengesampingkan kualitas produk, kemudian berita2 yg mencengangkan juga tentang industri disana yg mengindahkan jam kerja..waduh ini mah hubungannya pasti hasil produksi seenaknya yg penting banyak

Cuma disini saya akan coba untuk mengkritisi juga,.ya tapi juga ikut sumbang saran juga sih..hehehehe J

Oke saya merasa produsen kita terlalu focus untuk membuat dengan cara plagiat brand luar,.ya kebanyakan mereka memberikan brand mereka brand luar..ya ga usah saya sebutkan satu persatu kalian tahu dunk merk2nya apa..hehehehe ya sebenarnya ini kan pelanggaran lho.

Kemudian penamaan pasti kebarat2an atau inggris2an,.yah saya sih ga menampik mungkin juga mereka ingin nama mereka mendunia pasar mereka ga ingin yg local tapi menembus pasar dunia ya sah2 saja, saya maklumi itu..karena saya juga melakukan itu ketika saya membuat penamaan toko online saya.

Itu kritik saya walaupun akhirnya saya juga mengkritisi diri saya sendiri,.tidak apa2 kan saya juga merasa masih belajar kok..hehehehehe

Masuk ke solusi :

  1. saya rasa dengan kemampuan produksi dengan kualitas internasional produk kita juga bisa bersaing kok dengan mempunyai nama sendiri tanpa harus menjadi plagiator barang2,. Konsumen menurut saya juga harus diberi pembelajaran karena apa kebanyakan para produden tidak menggunakan nama buatan sendiri tapi brand terkenal karena permintaan pasar brand itu yg sudah menjadi market leader tapi karena untuk membeli aslinya konsumen mempunyai dana yg terbatas mereka menginginkan produk local dengan penamaan brand luar,.ya logikanya sebagai produsen,.produsen akan memproduksi untuk pasar yg seperti ini dunk,.karena apa pasar ini gede banget lho..omzetnya bisa besar klo untuk mengikuti segmen ini, Cuma apa banyak kasus teman2 saya ketika berada diluar negri dan memakai produk ini beberapa dari mereka disita barang tersebut karena terkena pasal barang tiruan,.ya kan emang karena tiruan Ya harusnya pedagang mulai melakukan kreasi sendiri dalam penamaan merk mereka sendiri, produsen tidak usah takut dengan penamaan justrus yang perlu dikembangkan adalah kualitas produk.
  2. peningkatan kualitas berhubungan sama solusi diatas bahwa peningkatan kualitas penting, sering kali saya melihat kualitas local tapi buruk dikualitas, wah ini ancaman lho..kenapa?? jangan kita ikut2 produk cina yang mempunyai kualitas rendah dikualitas, produsen kita harus aktif dan sadar dalam pembuatan berkualitas diproduknya yaa hubungan nya sama konsumen, konsumen tidak buta kok dengan produk yang berkulitas, mereka akan mencari dan membeli produk yang berkualitas apalagi untuk segmen menengah keatas lhoo.
  3. Kemudian solusi yang selanjutnya adalah kreatifitas produk, Negara kita mempunyai banyak ide2 kreatifitas dalam membuat produk atau pun usaha..kreatif disini juga ga melulu produk bisa juga pemasarannya atau bisa juga distribusinya, masyarakat lha sebagai konsumen yg akan memilih kok,.apalagi klo harga untuk produk kreatif yg harusnya biasanya mahal bisa murah karena dikerjakan di dalam negri
  4. Oke ini yg terakhir dari saya, solusinya adalah mulai lha menggunakan produk dalam negri, saya rasa klo ngomongin sampai pemerintah ah..saya terlalu jauh, mungkin dari dalam diri kita dulu,.sadar akan kreatifitas, murah, dan berkualitas produk dalam negri mulai lha belanja produk2 dalam negri yak karena apa..mereka masyarakat kita juga dunk,.kebanggaan kita, dan asset Negara kita. Banyak lha produk2 yg mendunia akibat laku keras dipasaran lokalnya tempat produk itu berasal (ga perlu disebutin dunk..)

selamat berbelanja produk dalam negri kawan...

argo muhardito




Tidak ada komentar:

Posting Komentar