Senin, 04 Juli 2011

Bersepeda MTB Dengan Aman [Catatan Mantan Pe-sepeda yang Kembali Bersepeda]

Masih ingat artikel saya tentang kembalinya  mantan pesepeda yang kembali bersepeda, ya sebenarnya ini adalah tulisan kedua atau sekuel (hehehehehe..ud kaya film).


Setelah ya hampir setahun  lebih bersepeda apa yang saya rasakan banyak sih stamina bertambah, badan lebih enteng (walaupun masih gendut sih..hahahahah), tapi banyak perubahan yang saya alami, terutama badan.


Oke balik  ke topic yang akan saya bahas, kebetulan sahabat, teman, dan orang yang saya anggap sebagai kakak …mas Boy namanya, meracuni saya dengan sepeda MTBnya (hahahaha..sepeda sehat bukan racun koq urusan kantong yg kadang bisa berdarah..:p  ) terlebih akibat kecelakaan yang mencederai tangannya membuat dia harus istirahat dari kegiatan ber MTB..(semoga lekas sembuh mas), balik ke topik kita, sepeda ini secara pendapat saya sebagai orang yang awam dengan sepeda MTB adalah sepeda nyaman dan sepeda mantab, betapa tidak bujet yang beliau keluarkan ya tidak tanggung –tanggung man dan yang jelas harga tidak boong man.


Baik dari frame Folker seri 09 fullsus Pro Shox, fork depan RST lunch dengan suspensi traveler 130mm,  grupset  shimano alivio, brake set shimano diore hidrolik, headset plus stang truvativ, ban pacul maxis 26 x 3.00 man spek lumayan menguras kantong lhaa, bagi saya yang biasa dengan sepeda murah hahahaha.. terlebih lagi sepeda MTB saya dulu adalah federal kebayangkan jomplangnya spek dibandingin sepedanya mas Boy :d , Cuma balik lagi ke kebutuhan anda, saya rasa dengan bujet Cuma 2-3jtan anda juga bisa mendapatkan MTB dengan spek standar tentunya.



Cuma disini saya tidak akan membahas spek sepeda, seperti yang sudah diatas yang sudah saya sampaikan saya masih awam dengan sepeda MTB, jadi rasanya tidak mungkin saya meriviewnya, tapi karena basicnya saya orang safety (k3) sedikit saya akan share sedikit masalah keamanan bersepeda MTB.



Bagi anda yang dasarnya memiliki pola pikir tentang keselamatan kerja dan kesehatan (k3) apalagi anda berkerja dibidang tersebut (seperti saya red.), pasti akan kaget dengan aliran-aliran yang disediakan oleh sepeda MTB, betapa tidak beberapa menu extrim bakalan anda temui baik dari Cross Country (XC) , Down Hill  (DH), Dirt Jump, masih banyak lagi sih ga percaya cek disini aja ya kawan http://en.wikipedia.org/wiki/Mountain_bike




Menggeluti jenis olahraga bersepeda ini, anda diwajibkan menggunakan beberapa perangkat keselamatan seperti helmet, sarung tangan, sepatu, kaca mata, bahkan untuk yang lebih ekstrim seperti DH perangkat seperti knee+elbow protector, body protector, google, dan full mask helmet diperlukan.



Pertentangan akan terjadi disekujur pemikiran anda, karena olahraga ini menantang maut, dalam artian kita mendekati resiko kecelakaan, untuk itu diperlukan latihan-latihan yang konsisten agar menjadi aman untuk mendalami olahraga ini.


Seperti jargon-jargon keselamatan kerja yang pernah saya baca,  “keselamatan berawal dari perilaku aman  anda” , perilaku aman disini berarti dari dalam diri anda sendiri seperti  anda tahu resikonya, anda terlatih, sehat jasmani, dan anda bisa menjaga tingkat emosi anda. 4 hal ini anda kuasai saya yakin anda akan aman mendalami olahraga apapun.

Secara latihan , terus terang saya belum terlatih, banyak kejadian, kecelakaan bersepeda yang saya alami, waahh ga safety dunk..yup itu lha resiko, disini lha pengalaman-pengalaman yang akan kita terima yang bakalan menurunkan tingkat resiko kelak nantinya, yang perlu diperhatikan adalah latihan terus tentunya dengan aman,tapi harap diingat sebelum anda latihan perhatikan pelengkap keamanan anda, apakah sudah aman dan lengkap?


Cari informasi sebanyak-banyaknya, kebanyakan saya melihat beberapa review ahli-ahli bersepeda MTB di youtube (typical otodidak banget..hahahaha), search lha tips-tips berguna disana, karena di youtube.com kita akan menemui banyak ilmu, baik teknik bersepeda, parts sepeda, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ber MTB, dan masih banyak lagi, pokoknya klik saja keywords “MTB” di youtube.



Cari komunitas, ini penting tapi saya belum lakukan juga karena baru sekedar di facebook saja, hahahahaha…ada JPG (jalur pipa gas) ada Koskas (Komunitas Sepeda Kaskus) divisi MTB (kalo ga salah yaa), disana anda bisa bertukar informasi tentang bersepeda MTB, menjalin pertemanan, dan bahkan bisa aja anda ketemu jodoh anda disana,..hahahaha mungkin masih banyak lagi, tergantung regional anda tinggal, khusus yang tadi saya sarankan untuk anda yang tinggal di Jakarta seperti saya.


Kemudian jaga kesehatan, jujur saya bukan orang yang sehat karena saya merokok, tapi saya berusaha untuk menjadi sehat dengan bersepeda, karena memang itu sehat, walau kenyataannya bersepeda di Jakarta (kota besar) sebenarnya kurang sehat mengingat polusi udara yang sangat mengkhawatirkan, makanya pilihan untuk berMTB dijalur-jalur seperti JPG atau perkebunan atau lahan tidur di Jakarta adalah salah satu solusi untuk mencari tempat bersepeda yang sehat.  selain itu makan makanan bergizi, tidak begadang (pengalaman saya begadang trus bersepeda membuat saya sempat blackout 5 detik..so istirahat yang cukup guys).


So keeps safety biking ….

Argo Muhardito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar