Selasa, 10 Agustus 2010

Renungan Awal Ramadhan 2010

Sebetulnya tulisan ini saya ingin buat sudah sejak lama, tapi saya merasa belum pas mengenai apa yang akan saya bahas ke kawan-kawan sekalian.

Oke langsung saja, cerita ini berawal dari pada saat saya magang di PT. Pelita Air Service (PAS) sekitaran tahun 2005 yang lalu, sudah lama memang tapi ini adalah bagian rantai hidup saya yang mungkin bisa saya share kepada kalian.

Tahun 2005 saya magang di perusahaan penerbangan yang menyewakan pesawat-pesawat terbang ke perusahaan dan pemerintah PT. PAS adalah anak perusahaan PT. PERTAMINA, nah cerita dimulai ketika saya magang, pada saat itu saatnya makan siang sebagai anak mahasiswa yang baru pertama kali hidup di kehidupan pekerjaan kantoran yang sudah, saya mengikuti kemana mereka makan siang.

Saat itu saya memilih makan siang dibelakang kantor PT. PAS yang berada di kawasan Jl. Abdul Muis Tn. Abang Jakarta, saya memilih mie ayam karena memang kegemaran saya, selesai makan saya haus, rupanya air putih yang disediakan oleh pedagang mie ayam tidak cukup untuk menahan rasa dahaga saya, saya keluar melongok keluar dan menuju warung rokok, saya minta “es tee” si pedagang menunjuk ke bapak samping yang sedang duduk disamping warungnya.

Kemudian saya menuju kesamping warung, saya bilang “bapak jualan the botol?” bapak itu menjawab “iya mas” dia beranjak dari tempat duduknya, dan ternyata yang didudukinya adalah kotak es tempat teh botol itu wah saya tertegun awalnya, saya bilang “pak ada es tee dingin ga pak?” bapak itu menjawab “wah ga ada mas, adanya the botol, fanta, sprite, sama coca-cola” ..akhirnya saya putuskan minum the botol dan apa yang terjadi, dia meraba-raba mencari-cari the dengan bentuk the botol.

Masya Allah ternyata bapak ini mempunyai penglihatan yang tidak sempurna, tapi tidak buta lho, saya bilang kepadanya “maaf bapak ga bisa lihat ya?” dia berkata “masi liat mas Cuma ga bening samar aja gitu” nah disini saya menjadi tertarik untuk berbicara dengan bapak ini, sambil saya minum the botol yang telah dibuka dengan meraba-raba pula saya mulai menikmati menyeruput teh botol bapak ini.

Saya duduk kemudian dengan dilanjutkan dengan menyalakan sebatang rokok djarum super sambil saya tawarkan ke bapak itu, “udah mas saya ada” sambil mengeluarkan rokoknya, akhirnya kita berdua berkenalan. Bapak itu bernama bapak KIRNO seorang bapak-bapak dengan keterbatasannya tapi rela tidak memohon belas kasihan kepada orang-orang karena keterbatasannya. Saya sangat takjub, dari awal pertemuan yang singkat itu saya menjadi kenal dan pasti mampir ke tempat pak KIRNO setelah makan siang, selama kira-kira hampir sebulan saya magang disana, setiap makan siang hanya ocehan dia yang menemani saya, yang membuat saya ketawa, senang, juga sedih kalau melihat keadaan bapak ini.

Pengalaman ini membawa saya menjadi tertegun walaupun saya juga bukan manusia sempurna, yang lebih menakjubkan adalah ketika suatu sore saya pulang setelah magang saya memang sengaja mampir ke tempat bapak KIRNO untuk minum the botol, waktu sudah sore sekitar jam 4.30, dia mengambil the botolnya untuk saya sambil bilang “mas argo ya?..yaudh mas ini teh botolnya sedotan disitu..saya mau solat ashar dulu ya..mas sudah solat belum?” saya bilang “udah pak tadi dikantor..yaudah saya jagain aja pak kali-kali tar ada yang beli”. Pak Kirno langsung beranjak sambil meraba tapi beliau menolak saya bantu karena dia bilang “ga usah mas saya mah udah apal..” . ketika beliau menolak bantuan saya maka saya menghargai beliau,.dia menuju kebelakang warung rokok dan ke arah bangunan yang ada dibelakang. Awalnya saya biasa saja, tapi beberapa menit kemudian ketika saya menoleh kebelakang, saya kaget ternyata bapak KIRNO solat di luar alias digarasi bangunan milik TNI itu saya kaget lha kok di luar bukan di dalam, tapi biar lha nanti saya akan Tanya.

Selesai beliau solat ashar saya Tanya beliau “pak kenapa solatnya diluar ?” dia hanya menjawab “lha kan saya tinggal dipinggir jalan ini mas, jadi ya solat nya diluar lha” saya kaget jadi selama ini bapak KIRNO tinggal dipinggir jalan Masya Allah bergetar hati saya, saya piker beliau tinggal dikontrakan tapi ternyata di pinggir jalan, tidur ditempat dia dagang.

Saya benar tertegun dengan itu semenjak usai magang saya setidak menyempatkan diri apabila mampir kedaerah itu hanya untuk berjumpa dengan pak KIRNO untuk menikmati teh botol ataupun sprite atau coca-cola dengan mendengarkan celoteh dan wejangan dia, ya simple sih memang Cuma itu menggendor lubuk hati saya ketika saya mendapat zona aman di rumah orang tua saya, dan melihat bagaimana beliau dengan keterbatasannya seorang diri bertahan dijalan dan tetap melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Ternyata sudah 5 tahun berlalu saya selalu menyempatkan ketika bulan ramadhan ketempat beliau berjualan, bahkan mantan pacar saya pernah saya ajak ke tempat beliau, lucu emang, karena saya mau dia juga tahu tentang kerasnya kehidupan, setiap ramadhan saya selalu menyempatkan datang hanya untuk sekedar bertamu dan memberikan sedikit rejeki untuk beliau, walaupun beliau selalu menolak saya hanya bilang “ya pak buat bapak aja saya ikhlas kok karena bapak membuat saya selalu semangat dalam kehidupan ini pak” kata saya dengan senyum kecil.

Baru beberapa hari yang lalu saya ketempat beliau tepatnya malam senin tanggal 1 agustus 2010, sebenarnya saya melewat kan ramadhan 2009 untuk ketemu beliau, saya sangat menyesal tidak datang tahun lalu, waktu saya itu datang dengan perasaan sebagai orang yang paling sendirian didunia ini, ( maaf kawan saya tidak perlu cerita masalah saya ini, terlalu personal) waktu menunujukkan jam 7.30 malam, niat saya membawa vespa hijau saya adalah menghadiri acara vespa yang ada di monas, ketika saya lewat daerah jl. abdul muis, saya tiba-tiba teringat beliau makanya saya langsung putar haluan ketempat beliau, wah ternyata beliau sedang makan malam, saya bergegas memutar dan menghampiri.

berikut dialognya :

Saya : pak masih ingat saya ga pak?

Pak Kirno: yaa mas yang dulu magang di Pelita kan..hehehehe..apakabar mas, aduh saya lupa namanya nih..Cuma saya inget suara mas ..sama suara vespa mas..

Saya: argo pak..masa lupa??,,hehehehe

Pak Kirno:iya mas argo ..hahaha apakabar mas udah lama ya ga kemarii…

Saya:iya pak..maaf pak sibuk ..saya jujur sih pak saya pernah lewat sini saya liat bapak..tapi gimana kondisinya saya ga bisa mampir..ada kerjaan pak..

Pak Kirno:ya gapapa mas…namanya juga orang kerja…masih di BMW kan mas??

Saya:Ya elahga nyangka bapak masi inget kerjaan saya dulu, bahkan suara vespa bapak malah inget saya..hahaha

Pak Kirno:masih lha mas…saya masih inget betull…

Selepas obrolan ini seperti biasa saya memesan teh botol yang di jual dan pastinya sibuk berceloteh dengan sahabat saya, disini lha point-point yang bisa saya ambil ketika bulan ramadhan tahun ini tiba, pak kirno yang penglihatannya samar-samar akibat katarak yang dideritanya masih bersemangat dalam pekerjaannya menawarkan teh botol, bahkan sesakali dia memijat untuk menambah penghasilannya, masih setia dengan kehidupan dijalanan, hati saya, nurani saya, perasaan saya, pikiran saya, pasti bergetar apabila bertemu beliau, seperti refresh otak saya, ego saya, emosi saya, ambisi saya, keinginan saya, bahkan kesendirian saya.

Apa yang saya ambil dari beliau berikut saya akan jabarkan kiranya nanti berguna bagi kawan-kawan yang sedang mengalami perjuangan kehidupan ini :

  1. Kerja, dimana kita harus menghidupi kehidupan kita terus dan kelak nanti keluarga kita, kita tidak boleh pantang menyerah walaupun kekurangan fisik mendera kita bahkan hukumnya wajib terlebih kita yang mempunyai keadaan fisik normal (ini saya belajar dari beliau dan mantan pacar saya sih,,hehehehe)
  2. Beribadah, walaupun hidup kita susah jangan sesekali meninggalkan agama karena Allah akan selalu berada di mana pun dan dalam kondisi apa pun, makanya kita sebagai hambaNya ya selalu ingat Dia dan beribadah hanya untukNya.
  3. Ikhlas, menerima cobaan segetir apa pun cobaan mau itu secara ekonomi, hati, apa pun jenisnya selalu ikhlas menerimanya, ya mungkin ini adalah jalannya kita untuk menjadikan diri kita lebih baik, selalu ada hikmahnya.
  4. Optimisme dalam kesendirian, saya ingat kata beliau ketika saya bertanya “emang enak pak hidup sendirian di jalan kaya gini?” beliau hanya menjawab “ya sebenarnya ya ga enak tapi nasibnya emang begini..sebenarnya siapapun bisa jadi teman kita kalau hidup jalan, tapi ada kalanya saya ada dikesendirian saya..ya yg penting ga usah terlalu dipikirin.. buat apa emang nasibnya hidup sendiri,... kan kalau dipikir lebih enakan mas..yang punya tempat tinggal sama keluarga, teman-teman, ..sebenarnya ya mas..saya juga ga sendiri kok masih ada Allah yang menjaga saya” pada malam itu saya merasa tertampar karena keluhan-keluhan saya atas kesendirian jadi ternyata sendiri itu penting kawan, untuk meluruskan siapa jati diri kita, dan dimana kita sekarang berada.
  5. Jangan meremehkan orang, terkadang kita merasa skeptic dengan kehidupan dijalanan, seperti pengamen, preman, anak jalanan, dan pengemis,.kebanyakan dari kita sepakat mereka memanfaatkan keadaan, hanya ingin diberi saja,dan lain-lain, tapi jangan lupa kawan itu tidak semuanya, terkadang kita akan menemukan mutiara kehidupan walaupun Cuma di jalanan bahkan nanti mutiara itu sangat berharga bagi kehidupan kita.
sekian dari saya semoga kawan-kawan mendapatkan berkah di bulan Ramadhan tahun ini dari Allah SWT....

ditulis oleh :
ARGO MUHARDITO
Jakarta 11 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar