Senin, 30 Agustus 2010

Tips Mempersiapkan Mudik Bagi Pengemudi Kendaraan Pribadi (Mobil) www.info-automotive.com



Lebaran tinggal di ambang minggu, banyak dari kita sudah merencanakan mudik untuk menengok orang tua di kampung atau luar kota, tapi bagaimana kita dapat mempersiapkannya dengan baik dan aman, karena menilik dari penyebab kecelakaan pada saat mudik, faktor umum yang terjadi adalah akibat kesalahan manusianya.


Oke berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum persiapan perjalanan mudik kita agar aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

1. Pastikan kendaraan yang kita gunakan adalah kendaraan dengan laik jalan, cek lha mesin kendaraan di bengkel kepercayaan anda.


2. Rencanakan dengan matang dan baik jalur-jalur mudik yang akan lewati, baik jalur utama atau jalur alternative yang nantinya bisa dipilih.


3. Jangan lupa membawa peta,kita bisa mendapatkan secara gratis karena biasanya sebelum hari H waktu mudik, kepolisian serta beberapa departemen terkait akan membagikan peta terbaru jalur mudik, atau kita bisa download lalu print dari situs mereka.



4. Cek kondisi badan, terutama untuk si pengemudi, usahakan tidak mengemudi sendiri, bergantian mengemudi sangat dianjurkan max 5 jam, tapi apabila hanya kita yang sebagai pengemudinya usahakan untuk istirahat apabila lelah dalam perjalanan.


5. Cek tempat-tempat aman untuk istirahat, seperti pom bensin, mesjid, rumah makan, yang penting jangan berhenti di tempat rawan atau sepi.


6. Jangan Lupa membawa obat-obatan, seperti kotak P3K , atau obat-obatan ringan, jangan lupa apabila ada penumpang yang sedang sakit jangan lupa untuk diingatkan membawa obat pribadinya.



7. Jaga emosi dalam bekendaraan, jangan napsu untuk memacu kendaraan dengan cepat, karena akan mudah lelah, dan bisa mengakibatkan kecelakaan, defensive driving adalah solusinya.


8. Patuhi peraturan lalulintas, penting karena peraturan lalulintas dibuat untuk keselamatan, dan ketertiban kita dalam berlalulintas.


9. Catat nomor-nomor telepon penting seperti Polisi, Bengkel, atau Ambulance.


10. Jangan lupa berdoa, karena walau bagaimana pun berkah dari Allah SWT penting dalam perjalanan mudik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar