Rabu, 18 Agustus 2010

Serabi Makanan Yang Paling Digemari Ketika Ramadhan



Menurut kalian apa sih panganan yang paling enak untuk berbuka?..banyak dari kita sepakat yang manis (sunah rasulnya memang seperti itu berbuka dengan yang manis) kolak, kurma, lupis, belum minumannya pasti juga yang manis.

Tapi disini saya mau bahas kue serabi, kue jadul (karena memang sudah lama dari dulu)..apa sih kue serabi ??
Serabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. (source: wikipedia)

Nah dari judul kenapa saya bilang paling digemari, ada pengalaman unik dari kue serabi, kue serabi kampung ya..yang dijual di pasar dengan kayu bakar dan tungku kayu liat yang khas..jadul banget deh, beda dengan pangan serabi yang sudah di toko dengan rasa macam-macam (duren, coklat, dll red) saya cenderung ke serabi dengan orisinilitas (serambi kampung) walaupun sebenernya UUD (Ujung-ujungnya Duit) karena lebih murah :d




Ketika itu jam menunjukkan jam 5 sore, berarti kurang dari 1 jam lagi buka, saya waktu itu di daerah cileduk, dan akan pulang kerumah ke arah petukangan, nah tiba-tiba bibir ini ingin sekali merasakan kue serabi pas buka, saya tanya orang sekitar dimana ada yang jual kue serabi sekitar sini, saya ditunjukkan lokasi dan bergegas menuju kesana, dan apa yang terjadi,,”Abiess mass...”




Oke saya lanjutkan perjalanan pulang, saya teringat penjual kue serabi di puri beta (di belakang komplek ya) ..saya arah kan supra x saya kesana dan yang terjadi...saya lihat di etalase kayu nya si penjual ada banyak serabi sudah jadi..saya langsung pesen dunk..”pak serabi nya 5 yaak”,,penjual:”wah mas itu udah pesenan orang”.waduuhh abis lagi.

Oke akhirnya saya pulang nah sampai di daerah petukangan dekat pasar SMA 63,.saya sengaja sudah pesimis tidak makan kue serabi tapi saya mau mampir dulu moga masih ada,,dan ternyata..”iya mas ud abiess “…hiks..hiks..

Itulah kenapa saya bilang kue serabi kampung…paling digemari pas bulan puasa, ya karena mereka laku banget, 3 tempat saya telusuri ternyata mereka “out of stock”...tapi sore ini saya akan tetep berburu kue serabi kampung..Oke saya suka sekali makan..hehehe ini ada resep kue serabi moga-moga kawan ada yang buat trus ngundang saya untuk makan bareng




Bahan:

Biang:

  • 25 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt soda kue
  • 50 ml air

Bahan saus:

  • 500 ml santan dari i butir kelapa
  • 175 gr gula merah, diiris tipis
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lb daun pandan

Cara membuat:

  1. Aduk bahan biang, lalu diamkan 15 menit. Sementara itu aduk tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu, tambahkan garam, gula, lalu masukkan santan encer sambil diuleni selama 30 menit.
  2. Masukkan biang lalu uleni lagi sambil dikeprok-keprok. Tuang santan sampai habis. Terakhir masukkan santan kental.
  3. Panaskan cetakan pofferces/cetakan serabi. Isi dengan ampas kelapa agar tidak lengket. Setelah panasnya rata, tuang adonan , lalu masak sampai matang.
  4. Rebus bahan saus sampai mendidih sambil diaduk lalu saring. Sajikan serabi dengan saus.
  • Untuk 20 buah.

Tips :

  1. Pilih soda kue yang masih baik kualitasnya agar kue mengembang sempurna.
  2. Cetakan diisi dengan kelapa parut /ampas kelapa dan dibiarkan agak lama supaya kelapa tidak menempel.
  3. Pukul-pukul serabi dengan kuat selama 15 menit.

sumber:

pengalaman sendiri

argo didit muhardito


resep2 googling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar